THIS TOPIC BOX Ketik Topic Disini Contoh DZIKIR atau MAKAN

Translate

Monday 10 August 2015

MELUNASI HUTANG TEMAN

Saat  itu Ibrahim bin Uyainah dipenjara disebakan karena hutangnya yang mencapai lebih dari 4 ribu dirham. Maka beberapa sahabatnya pun mengumpulkan uang dari para penduduk untuk membebaskannya.

Di saat bersamaan, datanglah Imam Abu Hanifah, lalu ia pun bertanya kepada salah satu sahabatnya, ”Apakah engkau telah meminta sejumlah uang dari orang-orang?”
“Ya”, jawab lelaki itu.

“Kembalikan uang yang telah engkau ambil. Aku yang akan melunasi seluruh hutangnya”, kata Imam Abu Hanifah. Dan akhirnya Ibrahim bin Uyainah pun bebas dari penjara.* (Manaqib Imam Al A’dzam, 1/261)


Imam Abu Hanifah pulang mengunjungi salah satu sahabatnya yang sakit, saat di perjalanan ia melihat seorang laki-laki yang berusaha bersembunyi dan mencoba menghindar mencari jalan lain.
“Wahai fulan! Tetaplah dalam jalan yang engkau lalui!”, seru Imam Abu Hanifah.
Ketika lelaki itu tahu bahwa Imam Abu Hanifah telah melihatnya ia pun terlihat salah tingkah dan berhenti, lalu Imam Abu Hanifah pun menghampirinya.
“Kenapa engkau membatalkan untuk berjalan melalaui jalan yang engkau telah lalui?”, tanya Imam Abu Hanifah.
“Wahai Abu Hanifah, aku memiliki masih hutang kepadamu 10 ribu dirham dan dalam waktu yang cukup lama hingga saat ini aku belum melunasinya. Maka ketika aku melihatmu, aku malu kepadamu”, jawab lelaki tersebut.
“Maha Suci Allah, hingga engkau sampai dalam keadaan seperti ini, jika engkau melihatku engkau bersembunyi. Aku telah merelakan hartaku itu kepadamu dan engkau sekarang sudah bebas dari tanggungan itu”, jawab Imam Abu Hanifah. (Al Manaqib Imam Abi Hanifah, 1/206).

0 komentar:

Post a Comment